Internalisasi Nilai-nilai Inklusivisme dalam Pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tomohon. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian maka disimpulkan: 1). Proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon telah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal. 2). Faktor-faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tomohon yaitu dukungan dan kerja sama dari sekolah dalam menciptakan budaya inklusif dan ketersediaan buku paket siswa sesuai kurikulum 2013 yang sangat membantu proses pembelajaran yang dilakukan guru. 3) Sedangkan factor penghambat proses internalisasi nilai-nilai inklusifisme dalam pembelajaran PAK adalah beban kerja guru yang melebihi batas maksimal dan jumlah siswa dalam kelas yang sudah melebihi jumlah ideal. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan supaya SMA Negeri 1 Tomohon menambah tenaga guru PAK baik PNS maupun tenaga honor namun yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Pendidikan Kristen, bagi guru PAK supaya lebih berusaha dalam memperlengkapi diri sebelum melaksanakan pembelajaran dengan memberikan inovasi-inovasi dalam kegiatan atau praktek bagi siswa.