PENGARUH KREATIFITAS DAN KETRAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Abstract

Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Salah satu faktor yang mendukung bagi kemajuan adalah pendidikan. Proses pendidikan yang terencana itu diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, hal ini berarti pendidikan tidak boleh mengesampingkan proses belajar, akan tetapi bagaimana memperoleh hasil atau proses belajar yang terjadi pada diri anak didik. Tujuan utama proses belajar mengajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku siswa berupa kognitif, afektif maupun psikomotor. Indikator nyata keberhasilan proses belajar mengajar tersebut biasanya tercermin dari prestasi belajar yang dicapai siswa. Tanpa keterampilan mengajar yang baik serta kreatifitas yang tinggi, maka seorang guru tidak akan dapat membentuk siswa berprestasi tinggi. Berdasarkan analisis regresi dan korelasi yang telah dilakukan dapat disimplkan bahwa dukungan terhadap hipotesis penelitian baik secara parsial maupun secara simultan dari dua variabel X1 dan X2 terdapat hubungan yang positif secara signifikan dengan hasil Y. Dari hasil penelitian ini memberi temuan sebagai berikut : Pertama, hubungan antara variabel X1 (Kreatifitas) secara nyata berhubungan positif dengan hasil Y (Prestasi Belajar) melalui regresi  Ŷ = 10.231 + 509 X1. Konsekuensi peningkatan pada variabel X1 akan diiringi secara linear oleh peningkatan hasil Y. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan kemampuan X1 (Kreatifitas) dalam (Prestasi Belajar Siswa SMP) Y. Kedua, hubungan antara variabel X2 secara nyata berhubungan positif dengan (Prestasi Belajar Siswa) Y melalui regresi: Ŷ = 103.805 + - 104 X2 Konsekuensi peningkatan pada variabel X2 akan diiringi secara linear oleh peningkatan hasil (Prestasi Belajar) Siswa di SMP. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan (keterampilan mengajar guru PAK) X2 dalam perspektif keterampilan mengajar guru PAK untuk meningkatkan (prestasi belajar) siswa Y. Ketiga, di dalam penelitian ini variabel X1 dan X2 secara bersama-sama menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap hasil variabel Y melalui regresi   Ŷ = 12.503 + 0,762X1 + -0,267X2. Hal ini memberi makna bahwa, semakin tinggi unsur-unsur X1 dan unsur-unsur X2 maka akan semakin tinggi hasil Y. Hal ini memberi arti secara umum, pentingnya meningkatkan kreatifitas X1 dan keterampilan mengajar guru PAK X2 dalam perspektif kreatifitas dan keteramplan mengajar guru PAK sebagai dua prediktor meningkatkan prestasi belajar siswa Y.