Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Siswa SMP

Abstract

Undang-Undang No. 20 Thn. 2003 Bab V pasal 12 ayat 2 menjelaskan setiap peserta didik diwajibkan menjaga norma-norma pendidikan untuk menjamin keberlangsungan proses dan keberhasilan pendidikan. Sebanyak 83% pelajar Surabaya mengetahui adanya perilaku bullying. Regulasi emosi merupakan suatu kemampuan untuk tenang dan fokus dalam mengevaluasi reaksi emosional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang dilakukan adalah one group pretest-posttest design. Subjek dipilih dengan cara purposive sampling. Subjek yang terlibat yakni 28 orang siswa kelas IX B SMPN ABC Surabaya. Subjek menjalani 7 sesi ditambah prasesi pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari. Data yang terkumpul dianalisis dengan paired sample t-test dan effect size. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan regulasi emosi efektif dan memberikan efek yang besar untuk menurunkan perilaku bullying pada siswa kelas IX B SMP ABC Surabaya.