Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa dalam masa pendidikannya kerap mengalami hambatan yang berdampak pada rendahnya prestasi akademik yang mereka capai. Salah satu hambatan yang mereka hadapi adalah masalah kecemasan. Kecemasan adalah perasaan subjektif dari ketegangan, ketakutan, kegugupan, dan kekhawatiran yang terkait dengan peningkatan aktivitas sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian dengan tinjauan sistematik terhadap 5 literatur yang meneliti mengenai kecemasan dengan prestasi akademik. Literatur pada penelitian ini diperoleh melalui basis pencarian data science direct, ProQuest dan Education Research Information Center. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal adalah “anxiety” and “academic achievement” and (“college student” or “university student”). Penelitian ini bertujuan ini mengetahui gambaran umum mengenai kecemasan mahasiswa dan hubungannya dengan prestasi akademik mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tinggi nya tingkat kecemasan diikuti oleh rendahnya prestasi akademik para mahasiswa. Hal ini berarti kecemasan memiliki hubungan negatif yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Terdapat berbagai jenis kecemasan yang bisa dialami oleh mahasiswa. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh perbedaan ciri khas pada ruang lingkup pendidikan yang mereka tempuh.