Psikoedukasi Parenting untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu dalam Mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan

Abstract

Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) merupakan program pemerintah Indonesia yang dibuat dalam rangka mempercepat perbaikan gizi agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Puskesmas J di Surabaya telah melaksanakan program ini melalui Posyandu Balita D. Namun, pelaksanaannya belum disertai dengan psikoedukasi sehingga ibu kurang mendapat infomasi lengkap terkait pentingnya program 1000 HPK (ASI Eksklusif, imunisasi, dan gizi) dalam kehidupan anak. Salah satu faktor yang dapat mengoptimalkan program tersebut adalah pengetahuan ibu tentang parenting. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan ibu dalam mengoptimalkan periode 1000 HPK sesudah dilakukan psikoedukasi parenting di Posyandu Balita D. Responden penelitian berjumlah 23 ibu balita dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan kuesioner disusun oleh peneliti berdasarkan materi psikoedukasi. Hasil analisis data dengan Paired Sample T-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05) yang berarti ada peningkatan pengetahuan ibu dalam mengoptimalkan 1000 HPK setelah dilakukan psikoedukasi parenting di Posyandu Balita D. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi Puskesmas J agar menerapkan psikoedukasi parenting di seluruh Posyandu Balita dalam wilayah kerjanya guna mendukung 1000 HPK.