Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di SMK Swasta PAB 12 Saentis

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan dukungan sosial dengan kecemasan siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 226 siswa-siswi kelas XII SMK PAB 12 Saentis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel sebanyak 70 orang siswa yang mengalami kecemasan. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) skala yaitu skala kecemasan siswa, skala self efficacy dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Terdapat  hubungan  negatif   antara self efficacy  dengan kecemasan siswa dimana  rx1y = -0,258 dan p < 0,05 (2) Terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kecemasan siswa dimana rx2y = -0,534 dan p < 0,05 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan kecemasan siswa diperoleh koefisien Freg = 20,648 dimana p < 0,05. Sumbangan efektif self efficacy dan dukungan sosial  dengan kecemasan siswa 38,1%.