EFEKTIVITAS KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group yang melibatkan 10 orang subjek penelitian yang terbagi dalam kelompok kontrol (5 orang) dan eksperimen (5 orang). Variabel dalam penelitian ini adalah konseling realitas sebagai variabel bebas dan penyesuaian diri sebagai variabel terikat. Penelitian ini mengambil lokasi di salah satu pendidikan tinggi yang memiliki sistem berasrama di kota Medan. Waktu pemberian perlakuan adalah empat hari dengan jumlah pertemuan sebanyak empat kali (satu hari untuk satu sesi pertemuan). Masing-masing sesi dilaksanakan selama ±180 menit. Setelah pelaksanaan intervensi selesai dilaksanakan, diberikan jeda waktu dua minggu sebelum dilakukan follow up. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan uji Mann Whitney U test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling realitas efektif meningkatkan penyesuaian diri taruna. Sebelum mendapat konseling realitas, kelima subjek penelitian yang tergabung dalam kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki penyesuaian diri yang berada pada kategori rendah. Kemudian setelah diberikan intervensi konseling realitas pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan penyesuaian diri menjadi kategori sedang. Konseling realitas memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan penyesuaian diri yang terlihat dari nilai effect size sebesar 0,840.