HUBUNGAN HARGA DIRI SISWA DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri siswa dan pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap para siswa SMA St. Thomas III Medan yang duduk di kelas X dan XI. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah   siswa SMA berusia 14-18 tahun dan memiliki pola asuh orangtua yang demokratis. Berdasarkan kriteria tersebut didapati jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 120 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala harga diri, skala pola asuh demokratis, dan skala motivasi belajar. Analisa regresi terhadap data penelitian yang terkumpul menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dengan motivasi belajar, adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan motivasi belajar, serta adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dan pola asuh demokratis dengan motivasi belajar.