Perilaku Bullying di Kalangan Gamers Online pada Remaja Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati dan menganalisis fenomena perilaku bullying di kalangan gamers online pada remaja SMP Perguruan Taman Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan pada penelitian ini berjumlah enam orang terdiri dari lima orang remaja dan satu orang guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, diketahui bahwa kelima informan yang merupakan gamers onlinemelakukan bullyingkepada orang lain dalam bentuk fisik, verbal dan psikologis. Bagi informan disarankan agar mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif dan bermanfaat seperti mengikuti kegiatan ektra kulikuler di sekolahnya. Dengan itu, intensitas bermain game online informan menjadi berkurang, sehingga perilaku bullying bisa dihindari.