PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP POSITIONING KOTA TEBING TINGGI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap positioning Kota TebingĀ  Tinggi, kemudian mengetahui potensi unggulan yang dapat menjadi positioning Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif. Informan penelitian ini adalah masyarakat yang terdiri dari stakeholders Kota Tebing Tinggi yang diambil dengan metode purposif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan melalui FGD (Focused Group Discussion), wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang didapatkan dari informan, kemudian melakukan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap positioning Kota Tebing Tinggi adalah kota jasa, tetapi jasa tersebut harus dispesifikasikan pada jasa tertentu. Selanjutnya, potensi unggulan yang dapat menjadi positioning Kota Tebing Tinggi adalah kuliner (lemang dan roti kacang). Berdasarkan persepsi masyarakat dan potensi unggulan, maka positioning Kota Tebing Tinggi adalah kota jasa wisata kuliner.