Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemahaman guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Medan tentang literasi media internet. Penelitian ini juga menggambarkan literasi media internet para guru SMK tersebut dan impelementasi literasi media internet dalam melaksanakan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan informan enam orang guru TKJ dari lima SMK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TKJ memiliki pemahaman tersendiri tentang literasi media internet. Mereka cenderung menginterpretasikan media sebagai media pembelajaran karena istilah literasi media belum populer bagi mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru TKJ telah memiliki literasi media internet yang baik walaupun mereka tidak menyadari bahwa kemampuan itu disebut literasi media. Selain itu, guru TKJ mengimplementasikan literasi media internet yang mereka miliki dalam melaksanakan tugas dengan menggunakan literasi media dalam memilih konten internet sebagai sumber informasi untuk bahan ajar dan menyampaikan materi literasi media kepada siswa berdasarkan pengalaman dan inisiatif mereka.