Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik Kecamatan Bengkalis

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan kognitif khususnya kemampuan pengetahuan anak dalam menangkap isi kegiatan pembelajaran belum berkembang secara optimal dan masih memerlukan peningkatan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pencapain perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ibnu Kaldun Pedekik dan untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ibnu Kaldun Pedekik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitan ini sebanyak 58 anak dan 8 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian (1) Pencapaian perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik dengan persentase berada di antara 76%-100% Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan hasil nilai perkembangan kognitif AUD yaitu 93,07%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode tanya jawab terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik Kecamatan Bengkalis, hal ini dibuktikan dengan uji t menggunakan uji paired sampel t-test dimana diperoleh nilai t Hitung (37,744) > t Tabel (2,002), maka menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Itu artinya Ho ditolak dan Ha diterima.