Pemanfaatan Desain Label Kemasan sebagai Media Promosi Kastengel Buana Sari
Abstract
Kue kering adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung dengan tekstur renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara dioven. Salah satu UKM yang kegiatannya memproduksi kue kering adalah UKM Buana Sari.UKM Buana Sari menerima pesanan berbagai jenis kue kering, namun produksi utamanya adalah kue kering kastengel. Kue kastengel dibuat dengan cara mencampurkan semua bahan untuk adonan, kemudian dicetak, diberi olesan margarin dan ditaburi keju di atasnya untuk selanjutnya dioven hingga matang. Proses pengemasan dilakukan dengan menggunakan plastik mika berbagai ukuran dan bentuk, mulai dari plastik mika berbentuk bundar, oval sampai dengan hati. Plastik mika kemudian diberi isolasi bening di sekelilingnya agar kue kering menjadi lebih awet. Sayangnya, saat ini pengemasan belum dilengkapi oleh desain label kemasan, sehingga daya tarik promosi terhadap produk tersebut menjadi kurang dan tampilan produk juga kurang menarik. Padahal desain kemasan suatu produk sangat diperlukan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Desain kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya pembelian oleh konsumen terhadap produk tersebut. Sehingga dengan adanya pelatihan desain label kemasan mampu meningkatkan minat konsumen terhadap kue kastengel.