TANTANGAN EKONOMI DIGITAL UNTUK PARIWISATA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE FORECASTING
Abstract
Perkembangan ekonomi digital di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat salah satunya di bidang pariwisata. Kemajuan ekonomi digital dibidang pariwisata dapat menarik wisata nusantara (winus) maupun manca negara berkunjung ketempat wisata Indonesia. Dampak dari kemajuan ekonomi digital mengangkat banyak usaha kecil dan menengah untuk memasuki bisnis dunia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi layanan kepariwisataan Indonesia masih sedikit layanan digital yang dikembangkan. Dari analisa perkembangan layanan digital dibidang pariwisata menggunakan method forecasting dari data yang diambil dapat memprediksi 10 tahun ditahun 2028 pengeluaran 465,1 Triliun rupiah dan perjalanan 425,75 juta kali perjalanan kalau dibandingkan dari tahun 2018 pada pengeluaran 291,09 Trilium rupiah dan perjalanan hanya 303,4 juta kali perjalanan, dari analisa yang didapat memiliki peluang bagi teknopreneur untuk membuat starup dibidang pariwisata yang menjembatani atara pariwiswata dan wisatawan nusantara tentu menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menggunakan digital ekonomi di era industri ekonomi digital ini.