Efektivitas Pelatihan Literasi Kitab untuk Mendukung Studi dan Penelitian Mahasiswa Fakultas Ushuluddin,Adab dan Humaniora di Perpustakaan IAIN Salatiga dan IAIN Purwokerto

Abstract

AbstractThis research purpose to explore the level of effectiveness of Kitab literacy training program at IAIN Salatiga and IAIN Purwokerto. This research is a descriptive research with a quantitative approach. The sampling technique in this research was using non-probability sampling-purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire while the data collection technique was by filling out a questionnaire. Data were analyzed using descriptive techniques with percentages. The results showed that the effectiveness level of the kitab literacy training at IAIN Salatiga was 82.15% in the very effective category, as well as IAIN Purwokerto in the very effective category at 93.8%. And has contributed to the achievement of the objectives of kitab literacy training at both IAIN Salatiga and IAIN Purwokerto. However, the training still needs some improvement, mainly in the development of training materials, improving the model of trainers in delivering the material, extending the time for training publication / socialization, increasing practice time, good training time management, providing representative training media technology and an adequate internet networks, and development of digital kitab information systems. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelatihan literasi kitab di IAIN Salatiga dan IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling-purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket sedangkan teknik pengumpulan data dengan pengisian angket. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pelatihan literasi  kitab di IAIN Salatiga sebesar 82.15% pada kategori sangat efektif, begitu juga  IAIN Purwokerto pada kategori sangat efektif dan sebesar 93.8%. Dan telah berkontribusi bagi pencapaian tujuan pelatihan literasi kitab baik di IAIN Salatiga  maupun IAIN Purwokerto. Namun, tingkat pelatihan yang sudah dicapai  masih perlu ditingkatkan, khususnya pada pengembangan materi pelatihan, memperbaiki model pelatih dalam menyampaikan materi,  memperpanjang waktu publikasi/sosialisasi pelatihan, penambahan waktu praktek, manajemen waktu pelatihan yang baik, menyediakan teknologi media pelatihan yang representatif dan jaringan internet yang memadai, dan pengembangan sistem informasi kitab digital.