Analisis Pemanfaatan E-Resources oleh Mahasiswa Pascasarjana IAIN Salatiga

Abstract

AbstractIn accordance with the National Education System Law of 2003 Number 20 paragraph 3. Higher education has the task of carrying out education, research and community service or what is commonly known as the Tri Dharma of Education. Higher education libraries have an information function, namely facilitating access to students and the academic community to obtain information to support the Tri Dharma of Higher Education. Libraries are responsible for compiling collections or information, both printed and non-printed (digital). Non-print access is required because of the habit of reading digital documents. The digital sources served by the IAIN Salatiga library currently are electronic journals including The MIT Press, JStor, and Emerald Insight, while the IAIN Salatiga library e-books subscribes to Ebscohost and Pustabiblia. This research examines the use of e-resources by IAIN Salatiga postgraduate students. The use of e-resources referred to in this study refers to the Techonology Acceptance Model (TAM) theory developed by Davis (1986). This research is a quantitative study with a correlation approach. The research instrument used in this study was a questionnaire. There are 3 tests, the first has no effect, namely information literacy on the ease of use of e-resources. Two other tests show an effect. First, information literacy has an effect on perceived usefulness or perceptions of the usefulness of e-resources. It can be concluded that students who have information literacy perceive that e-resources from the IAIN Salatiga Library are useful. Second, information literacy affects actual to use or direct use of e-resources. IAIN Salatiga students who have information literacy skills will use the e-resources subscribed to by the IAIN Salatiga Library.  AbstrakSesuai Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Nomor 20 ayat 3. Perguruan tinggi mempunyai tugas menjalankan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau yang biasa dengan istilah Tri Dharma Pendidikan. Perpustakaan perguruan inggi memiliki fungsi informasi yaitu memfasilitasi akses mahasiswa maupun civitas akademika untuk memperoleh informasi guna menunjang Tri Dharma Perguruan tinggi. Perpustakaan bertanggung jawab untuk menghimpun koleksi atau informasi baik berbentuk cetak maupun non cetak (digital). Akses non-cetak diperlukan karena adanya pola kebiasaan membaca dokumen digital. sumber digital yang dilayankan oleh perpustakaan IAIN Salatiga saat ini adalah jurnal elektronik diantaranya The MIT Press, JStor, dan Emerald Insight, sedangkan untuk e-book perpustakaan IAIN Salatiga  melanggan Ebscohost dan Pustabiblia Penelitian ini mengkaji mengenai pemanfaatan e-resources oleh mahasiswa pascasarjana IAIN Salatiga. Pemanfaatan e-resources yang dimaksudkan dalam penelitian ini mengacu teori Techonology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1986). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Instrumen penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Terdapat 3 pengujian, pertama tidak memiliki pengaruh yaitu literasi informasi terhadap kemudahan penggunaan e-resources. Dua pengujian lainnya menunjukkan adanya pengaruh. Pertama, literasi informasi berpengaruh terhadap perceived of usefulness atau persepsi mengenai kegunaan / manfaat e-resources. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki literasi informasi berpersepsi bahwa e-resources dari Perspustakaan IAIN Salatiga bermanfaat. Kedua, literasi informasi berpengaruh terhadap actual to use atau penggunaan e-resources secara langsung. Mahasiswa IAIN Salatiga yang memiliki kemampuan literasi informasi akan menggunakan e-resources yang dilanggan Perpustakaan IAIN Salatiga.