Pembelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI NW Dames
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran SAVI terhadap prestasi belajar IPA siswa MI NW Dames. Populasi dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas IV MI NW Dames dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen serta pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) yaitu mengacak semua kelas IV yang kemampuannya dianggap setara” dengan hasil kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 22 dan 21 orang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dimana terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Teknik pengambilan sampelnya yaitu simple random sampling, dimana dalam pengambilan sampel dipilih secara acak sederhana.Model desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk memperoleh prestasi belajar siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif.Uji hipotesisnya menggunakan uji-t untuk mencari perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa.Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test independent dapat disimpulkan adaperbedaan yang positif dan signifikan pada model pembelajaran SAVI dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV MI NW Dames.