Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Mengunakan Media Gambar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian dalam penelitian ini Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengumpulkan data hasil kemapuan membaca siswa, digunakan instrument tes kemapuan membaca berdasarkan kriteria dan indikator-indikator yang telah ditentukan.. Hasil penelitian menunjukan : siklus I rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 65,85 dan tingkat prosentase ketuntasan mencapai 55% dengan tingkat kemampuan sedang. Pada siklus II rata – rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 76 dan tingkat kemampuan sudah tergolong tinggi dengan tingkat ketuntasan mencapai 85% sesuai dengan target yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas I SDN 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020