Revolusi Mental Melalui Pendidikan Islam Berbasis Metode Tazkiyatun Nafs
Abstract
Tulisan ini mengulas tentang revolusi mental melalui pendidikan Islam berbasis metode tazkiyatun nafsh. Pembahasannya meliputi; 1) Konsep Revolusi Mental; 2) Konsep Pendidikan Islam mencakup deskripsi tentang Tujuan Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Islam; dan 3) Metode Tazkiyatun Nafs mencakup Landasan Tazkiyatun Nafs dan bagaimana Pelaksanaan Tazkiyatun Nafs.Hasil analisis penulisan ini menyimpulkan bahwa Revolusi mental merupakan peribahan nilai perilaku individu yang mengarah pada kepribadian mental yang positif. Prosesnya senantiasa harus berlangsung secara kontinyu untuk mendorong perkembangan batin dan watak manusia Indonesia. Hal ini menjadi salah satu diskursus baru dalam upaya mengubah struktur mentalitas manusia Indonesia untuk lebih menjadi baik yang meliputi; aspek cara berpikir meliputi pola pikir, aspek cara meyakini meliputi spritual-hati dan aspek cara bersikap yang meliputi polarasa-karsa. Upaya untuk mencapai revolusi mental dapat diimplementasikan melalui pendidikan Islam yang dapat menjadi formula esensial menddik akhlak peserta didik beriman dan bertaqa, teguh pada ajaran Islam serta membina pribadi peserta didik mencapai karakter yang terpuji sebagaimana yang dituntunkan dalam ajaran Islam berbasis tazkiyatun nafs yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam. Tazkiyatun nafs dapat menjadi pendekatan metodik untuk membimbing peserta didik membersihkan jiwa melalui rangkaian kegiatan yang postif dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.