Pelatihan Penggunaan Software Autocad Untuk Meningkatan Kompetensi Siswa-Siswi Smk Rigomasi Bontang

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi is Education, Research, and Community Service. One of the obligations is to carry out Community Service, this is carried out in connection with the care of every institution or institution engaged in education. AutoCAD (Computer Aided Design) is a "program or software commonly used for the purpose of drawing and designing with the help of computers in the formation of models and sizes of two and three dimensions. The aim of this community service is to introduce the AutoCAD program to Bontang Vocational School students, so as to increase their motivation to learn by using computer drawing techniques (AutoCAD) which are more practical, effective and efficient compared to manual drawing methods obtained by students in drawing subjects technique. The implementation of community service has been carried out using four methods: presentation, tutorial, practice, and question and answer. The results showed that the high enthusiasm of the trainees so that participants can understand the basic concepts of drawing techniques and participants can apply the AutoCAD software directly by drawing 2 and 3 dimensional products. Keywords: Training, AutoCAD, Competence, Vocational Students ABSTRACT Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu kewajiban tersebut melaksanakan Pengabdian Masyarakat, hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak dibidang Pendidikan. AutoCAD (Computer Aided Design)  merupakan “program atau software yang biasa digunakan untuk tujuan menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan program AutoCAD kepada siswa-siswi SMK Rigomasi Bontang, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya dengan teknik menggambar menggunakan computer (AutoCAD) yang lebih praktis, efektif dan efisien dibandingkan metode menggambar manual yang diperoleh siswa-siswi pada mata pelajaran gambar teknik. Pelaksanaan dari pengabdian masyarakat yang telah dilakukan menggunakan empat metode yaitu: presentasi, tutorial, praktek, dan Tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusiasme yang tinggi dari peserta pelatihan sehingga peserta dapat memahami konsep dasar menggambar teknik dan peserta dapat mengaplikasikan secara langsung software AutoCAD dengan menggambar produk 2 dan 3 dimensi. Kata Kunci: Pelatihan, AutoCAD, Kompetensi, Siswa-siswi SMK.