PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH MALALO

Abstract

Penelitian ini akan mengungkap bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, beberapa orang ustadz/ustadzah, dan beberapa orang santri kelas VIII. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menyeleksi data, mengelompokan data, analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa, metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning adalah menggunakan metode klasikal (perpaduan metode konvensional) yang pembelajarannya dilakukan secara berjenjang dan berkelas-kelas. Materi yang diajarkan pada pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo, menggunakan kitab kuning dengan perpaduan metode bandongan (santri menyimak atau mengikuti apa yang disampaikan ustadz), sorogan (ustadz menyimak / mengikuti apa yang disampakan santri), hafalan (metode untuk mengingat materi ajar), diskusi (sebagai pemecahan masalah dari materi yang dipelajari), qawa’id tarjamah (kemahiran berbahasa yakni kemahiran menulis, membaca dan menerjemahkan), qiyasiyah (di qiyaskan terlebih dahulu baru setelah itu mendatangkan contoh-contoh), dan istiqra’iyah (mendatangkan contoh-contohnya terlebih dahulu kemudian diikuti dengan qawaid pada umumnya). Alasan metode tersebut diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo karena dapat membuat santri mudah mengerti atau paham dari segi makna dalam pembelajaran kitab kuning.