Relevansi Pemikiran Kh. Abdurrahman Wahid Terhadap Pendidikan Islam di Era Modern
Abstract
Penelitian ini berlandaskan akan pentingnya pendidikan Islam di Indonesia yang harus sesuai perkembangan zamanya, tidak bisa dipungkiri setiap zaman memilki eranya masing-masing begitu juga dengan pendidikan Islam, oleh sebab itu pendidikan Islam harus dinamis sesuai zaman yang nantinya bisa berkembang pesat di Indonesia bahkan di Dunia. Pendidikan Islam sangatlah penting bagi manusia yang nantinya bisa mampu meneruskan para kaum intelektualis sebelumnya. Salah satunya pemikiran Gus Dur yang bisa direlevansikan pada pendidikan Islam yang sangat butuh terhadap gagagasan pembaharuan agar tidak tertinggal oleh zaman. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan. Dalam hal ini bisa mencakup dari buku-buku, jurnal dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Hasil penelitian dengan adanya pemikiran Gus Dur atau K.H. Abdurrahman Wahid dapat diambil pemikiran yang bermacam-macam, dan pendidikan Islam di era modern membutuhkan upaya memperbaiki baik dari konsep dan teknisnya agar bisa sesuai dengan zamanya, dan pemikiran Gus Dur dapat menciptakan pendidikan Islam yang nantinya mampu berbasis neomodernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan, pendidikan Islam berbasis kebhinekaan. Tiga konsep besar itu sangat relevan bisa diimplemantasikan terhadap dunia pendidikan terkhususnya pendidikan Islam yang ada di Indonesia, baik itu lembaga formal, informal dan nonformal. Agar mampu terciptanya pendidikan Islam yang teguh dengan khas klasiknya dan selalu berinovasi terhadap perkembagan zamannya, juga menjaga akhlaq karimah yang baik dan selalu cinta kepada kebhinekaan.