PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN DAN LAGU DI PAUD/TK RINJANI UNIVERSITAS MATARAM

Abstract

Permasalahan yang sering dialami oleh lembaga pendidikan anak usia dini adalah kurangnya sarana dan prasarana permainan yang edukatif, sementara anak-anak usia dini sangat senang jika diajak bermain. Untuk itu, tujuan kegiatan ini adalah melakukan pengembangan metode permainan dan lagu bagi anak PAUD/TK Rinjani Universitas Mataram. Metode kegiatan yang dilakukan adalah metode sosial partisipatif yang berorientasi kepada peran aktif mitra secara langsung dalam berbagai proses kegiatan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi kegiatan. Beberapa jenis kegiatan yang akan dikerjakan, antara lain melakukan pendampingan kepada anak-anak PAUD/TK melalui permainan-permainan yang mendidik dan menyenangkan, pemberian hadiah kepada anak-anak, menerapkan sekolah alam sebagai media untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus sebagai wahana bermain, belajar, dan pengembangan kognitif bagi anak-anak PAUD/TK.