STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA KELOMPOK USAHA KECIL KERUPUK DI KENJERAN KOTA SURABAYA
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran dan pendampingan manajemen usaha serta pemberian teknologi tepat guna bagi kelompok usaha kecil yang bergerak di bidang kerupuk di Kenjeran, Kota Surabaya. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok UMKM kerupuk di kenjeran ini adalah penjualan yang macet total karena tidak tengkulak yang datang membeli kerupuk karena adanya pandemi COVID 19 yang melanda, sehingga tidak ada kegiatan penjualan di tempat wisata pantai Kenjeran, selain itu juga rendahnya kemampuan dalam mengelola usaha, tanpa ada perencanaa, pengorganisasi, pembukuan dan evaluasi. Melihat situasi tersebut maka perlu adanya transfer of knowledge dan pendampingan guna menjalankan fungsi manajemen, sehingga kegiatan PKM ini dilakukan dengan memberikan teknologi untuk berjualan online berupa alat Hand phone, Inpulse Sealer, Label produk, dan plastik kemasan, kemudian diberikan pelatihan tentang packaging, dan menjual online melalui Tokopedia dan Sophe. sehingga saat ini sudah ada pembelian melalui Tokopedia Shoppee.