Putri Muslimah Indonesia 2014: Redefining Indonesian Muslim Women Identity

Abstract

Tulisan ini mengungkap berjalinkelindannya kesalehan, kecantikan dan industri yang ditampilkan oleh kontes kecantikan Putri Muslimah Indonesia 2014 yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta di Indonesia pada pertengahan Mei tahun ini. Melalui tagline yang dipilih “menjadi perempuan Indonesia sejati”, kontes ini diadakan untuk memilih perempuan muslimah, berjilbab, cantik dan juga memiliki bakat entertainer yang akan diproyeksikan menjadi sosok entertainer yang menarik sekaligus religius. Fenomena kontes kecantikan Islami yang menjamur beberapa tahun terakhir menunjukkan adanya gejala gerakan kesalehan baru di ruang publik di Indonesia dimana perempuan mampu menampilkan dirinya sekaligus sebagai yang religius dan modern. Gejala ini juga membantah prediksi Peter L Berger yang meyakini bahwa masyarakat dunia pasca modern akan mengalami penurunan minat pada hal-hal yang berbau agamis.