PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI MANUK DADALI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 03 SRIGONCO BANTUR-MALANG

Abstract

Penerapan tari manuk dadali dalam  pembelajaran secara terintegrasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui kegiatan kegiatan tari manuk dadali dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 03 Srigonco. Metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan (observasi)  berupa istrumen dan teknik dokumentasi. Perbedaan siklus I dan siklus II yaitu pada siklus I gerakan yang diajarkan tidak dilakukan secara menyeluruh dan siklus II setiap pertemuan seluruh gerakan dipraktekan secara bersamaan untuk mempermudah observasi terhadap anak yang belum menguasai gerakan tari kreasi manuk dadali. Penelitian ini dapat disimpulkan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usi 5-6 tahun dengan indikator keberhasilan terlihat dari 53,12% menjadi 79,42% terlihat peningkatan antar siklus dengan prosentase 26,3% .