PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN PECAH TELUR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA SHODRUL ULUM AL-CHOLIL BRONGKAL PAGELARAN-MALANG

Abstract

Proses peningkatan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran sangat penting dikembangan melalui proses aktivitas permainan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan kognitif dengan menggunakan permainan pecah telur pada anak kelompok A dan untuk mendeskripsikan penerapan permainan pecah telur yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan dua siklus yang di terapkan pada anak RA kelompok A. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan namun masih belum mencapai hasil yang maksimal dengan prosentase 43,13 %. Sedangkan, hasil penelitian pada siklus II sudah menunjukkan pengembangan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dengan prosentase 79,40 %. Hasil akhir rata-rata peningkatan antar kedua siklus mencapai 36,27%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan antar kedua siklus dipengaruhi adanya media pecah telur yang di bentuk pada konsep permainan dalam proses pembelajaran kognitif anak usia dini.