MENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI PERMAINAN BAK PASIR UNTUK ANAK KELOMPOK A DI RA AL-ISHLAH KALIPARE-MALANG

Abstract

Peningkatan kreativitas anak di awali dari kegiatan yang mudah dilakukan sesuai dengan tingkat kesulitas secara bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas seni anak melalui permainan bak pasirĀ  pada anak kelompok A di RA Al-Ishlah Kalipare dan untuk mendeskripsikan penerapan permainan bak pasir yang meningkatan kreativitas seni pada anak kelompok A di RA Al-Ishlah Kalipare. Metode penelitian tindakan kelas (Action Research) menerapkan dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan kreativitas seni anak sudah mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan dengan prosentase 37,49%. Akan tetapi peningkatan kreativitas anak belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan sehingga perlu perbaikan pada siklus II dengan prosentase 85,71% terjadi peningkatan diantaranya dengan prosentase 48,22% termasuk kriteria tinggi. penelitian ini dapat disimpulkan proses kreativitas anak melalui permainan bak pasir sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.