PROSES BERMAIN MATEMATIKA AWAL DI RA MIFTAHUL HUDA NGASEM NGAJUM-MALANG

Abstract

Proses  bermain matematika awal bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang di hadapi saat bermain matematika dan mendiskripsikan tahap-tahap keberhasilan proses bermain matematika awal. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bermain matematika awal menekankan pada perkembangan kognitif anak usia dini. Kesulitan belajar yang dihadapi anak usia dini melalui faktor intern  dan faktor ekstern. Penerapan tahapan  pertama guru mampu penguasaan konsep dasar matematika, tahap kedua tingkat analisis anak dalam proses pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan bermain, dan tahap ketiga memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan sesuai kebutuhan anak melalui pemberdayaan sumber media pembelajaran terkait dengan materi matematika awal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya proses keberhasilan pembelajaran matematika awal dengan konsep permainan di RA Miftahul Huda Ngasem.