PENINGKATAN KECERDASAN KINESTIK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TARI TOPI MALANGAN PADA KELOMPOK B DI RA KALIMOSODO GEDANGAN-MALANG

Abstract

Kegiatan tari topi malangan memerlukan teknik-teknik gerakan dasar sebagai pembelajaran untuk anak usia dini. Terlihat tarian topi malangan memiliki tingkat kesulitan yang membutuhkan kelincahan, ketepatan, dan kecepatan secara tepat. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui tari topi malangan pada kelompok B di RA Kalimosodo Gedangan-Malang. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menerapkan dua siklus melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penilaian dan pembahasan dilaksanakan melalui Siklus I dan Siklus II terfokus pada teknik gerakan berdasarkan kelincahan, ketepatan, dan kecepatan dengan hasil akhir prosesntase indikator keberhasilan 64 % menjadi 84 %. Penelitian ini  mengalami peningkatkan antar siklus dengan prosentase  20 % dengan kategori sedang yang mewujudkan adanya keberhasilan dalam penerapan kegiatan tari topi malangan dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B.