IMPLEMENTASI SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK DI PAUD AL AMIN PRINGGODANI BANTUR-MALANG

Abstract

Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran bermain peran menjadi salah satu daya tarik anak yang dapat mempengaruhi kemampuan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi sentra bermain peran, peran guru, dan proses pembelajaran bahasa melalui teknik penggunaan  sentra bermain peran anak usia dini.  Metode penelitian berupa deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil temuan yang di peroleh meliputi mempersiapkan rancangan pembelajaran bermain peran, kegiatan bermain peran membutuhkan keterlibatan anak secara penuh terutama pada ruang dan waktu penerapannya dan peran serta guru dalam membangun pembelajaran secara kreatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini disimpulkan proses perkembangan kemampuan bahasa pada anak tidak cukup dilakukan hanya satu kali dalam pembelajaran sentra bermain peran. Melainkan, perlu dilakukan berulang-ulang kali dalam proses penerapannya dengan menentukan tema dalam pembelajaran sentra bermain peran secara berbeda. Sehingga, peran serta guru sangat penting dalam membangun kreatifitas dalam mengelolah pembelajaran di dalam kelas.