STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH

Abstract

<p>Disgrafia adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis dan kesulitan dalam hal menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tertulis. Faktor-Faktor penyebabnya adalah kelainan neurologis yang menghambat kemampuan menulis secara fisik, sehingga anak mengalami kesulitan untuk memegang pensil dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memahami gejala, ciri-ciri, dan jenis disgrafia. Serta menemukan strategi yang tepat untuk menangani anak disgrafia dalam hal keterampilan menulis. Guru harus menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kondisi anak, karena tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan strategi menangani kesulitan menulis (disgrafia) melalui pembelajaran partisipatif di Sekolah. Adapun strategi yang bisa digunkan oleh guru diantaranya strategi kegiatan pra menulis, menjiplak huruf, menulis huruf balok, dan menulis huruf bersambung.</p><p>Kata Kunci: Disgrafia, belajar menulis, strategi pembelajaran.</p><p> </p>