PERAN PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN BERPIKIR DAN EMOSI REMAJA (Sebagai Wacana)
Abstract
<p align="center">ABSTRAK</p><p><span style="font-size: medium;">Remaja adalah bagian dari masyarakat, di mana ia memiliki peran penting dalam suatu tatanan kehidupan di masyarakat. Masa remaja merupakan masa peralihan di mana terjadi perubahan secara psikis dan psikologis. Dalam masa ini, remaja rentan mengalami perubahan yang dapat dikatakan signifikan. Perubahan-perubahan tersebut tidak lain banyak dipengaruhi oleh lingkungan di mana remaja itu tinggal. Perubahan berpikir atau kognitif dan emosi merupakan salah satu perubahan yang dialami oleh remaja dalam umumnya. Jika tidak ada pengontrolan atau upaya dalam pembentukan pribadi remaja, maka pembentukan atau perubahan yang terjadi, baik secara kognitif maupun emosi tersebut, akan mengalami ketidaksesuaian dengan norma atau nilai-nilai dalam masyarakatnya. Pembelajaran literasi adalah salah satu upaya yang dicanangkan oleh pemerintah dalam pembentukan kepribadian remaja, terutama dalam pembentukan kecerdasan secara kognitif dan emosi, sehingga remaja dapat menjalankan peranannya sebagai masyarakat dengan baik dan prososial. </span></p><p><strong><span style="font-size: medium;"> </span></strong></p><p><span style="font-size: medium;"><strong>Kata Kunci:</strong> Remaja, Pembelajaran Literasi, Kecerdasan Berpikir, Kecerdasan Emosi</span></p><p> </p><p align="center"><strong>ABSTRACT</strong></p><p><span style="font-size: medium;"><em>Teenagers are a part of society, where they have an important role in a life order in society. </em><em>Adolescence is a transitional period where there is a psychological and psychological change. In this period, young people are vulnerable to change that can be said to be significant. These changes are not much influenced by the environment in which the teenager lives. Thinking or cognitive and emotional changes are one of the changes experienced by teenagers in general. If there is no control or effort in the personal formation of adolescents, then the formation or changes that occur, both cognitively and emotionally, will experience discrepancies with the norms or values in their society. Literacy learning is one of the efforts proclaimed by the government in the formation of adolescent personality, especially in the formation of intelligence cognitively and emotionally, so that adolescents can carry out their roles as well and prosocial society.</em></span></p><p><strong><em><span style="font-size: medium;"> </span></em></strong></p><p><span style="font-size: medium;"><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Youth, Literacy Learning, Thinking Intelligence, Emotional Intelligence</em></span><em></em></p>