STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK PUBLIC OPINION LEMBAGA PENDIDIKAN

Abstract

Pendidikan merupakan sumber investasi terbesardalam membangun dan menjadikan manusia seutuhnya menuju (insanul kamil). Memahami opini seseorang, yang dalam hal ini opini publik bukanlah suatu hal yang  mudah. Sebagaimana hal tersebut pembentukan opini publik dibentuk oleh publik yang selektif, karena dalam semua permasalahan selalu ada publiknya masing-masing. Humas memegang peran yang sangat penting dalam setiap institusi atau lembaga, karena humas menjadi salah satu cara yang strategis dalam menciptakan citra positif maupun citra negatif dalam suatu lembaga tersebut. Dalam hal ini humas mempunyai relasi yang luas,  dan peran humas dalam pengembangan pendidikan memiliki posisi yang sangat urgen terutama dalam menentukan arah pendidikan yang sesuai dengan keinginan semua pihak, lebih-lebih tuntutan dari pelanggan. Perkembangan opini publik dengan berbagai kakakternya yang semakin beragam, baik internal dan eksternal membutuhkan penyelesaian khusus dalam berkomunikasi dengan mereka. Kegiatan komunikasi organisasi merupakan kegiatan komunikasi strategis yang perlu dijalankan oleh organisasi.Manajemen sebagai pengambil keputusan penting dalam kegiatan komunikasi, melalui humas kegiatan komunikasi strategis organisasi dapat berjalan dengan baik. Public relation harus memiliki dukungan penuh dari manajemen untuk dapat melaksanakan tugas.