Social Climber Dan Budaya Pamer: Paradoks Gaya Hidup Masyarakat Kontemporer
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan corak gaya hidup kontemporer dan dinamikanya sebagai konsekunsi logis dari pemujaan dan kegilaan atas konsumsi tanda dan makna-makna simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian atas perilaku sosial yang direpresentasikan dalam teks media sosial (virtual dan gambar) sebagai elemen kejadian sosial sekaligus reproduksi pemaknaan yang memiliki efek kausal seperti perubahan pengetahuan, kepercayaan, sikap dan nilai yang direproduksi secara berulang dalam ranah masyarakat maya. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sejalan dengan fenomena masyarakat hari ini yang gemar memamerkan diri dalam ruang-ruang media sosial sebagai tindakan sosial interaktif, maka perilaku tersebut dianalisis dengan transformasi kajian teori Jean Baudrillard perihal budaya konsumsi. Analisis Baudrillard menyelidiki fenomena sosial untuk konteks sosial masyarakat posmodern. Fenomena yang dikaji antara lain; 1) simbol sosial budaya pamer di ranah sosial dan medan masyarakat maya; 2) gaya hidup masyarakat konsumer dan social climber. 3) berbagai implikasi sosial yang mencerminkan fenomena konsumersime.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Telah terjadi polarisasi baru corak perilaku sosial yang ditampakkan oleh masyarakat hari ini. Gejala-gejala tersebut merepresentasikan sebuah realitas sosial tersendiri di mana pemujaan atas konsumsi, kegilaan terhadap gaya hidup, serta benturan identitas sosial (status, citra, diri) adalah suatu hal yang tidak terelakkan. 2) Di era ini, pertukaran simbolis adalah bagian penting yang tidak terhindarkan di mana pada era posmodern ini, citra dan penanda selalu direproduksi sebagai strategi aktualisasi atas status diri oleh setiap individu dalam mengarungi berbagai dunia realitas, termasuk dunia gaya hidup.[This study aims to illustrate the behavior of contemporary lifestyle and its dynamics as a logical consequence of adoration and obsession against the consumption of signs and meanings symbolic. This study is about social behavior represented in social media (virtual and images) as elements of social events as well as meaning reproduction that have causal e" acts such as repeated changes in knowledge, beliefs, attitudes, and values that reproduced in the realm of cyber society. This research used a qualitative paradigm with a phenomenology approach. Consistent with the phenomenon of society nowadays in which likes to show o" their spaces of social media as an interactive social action analyzed by transforming of Jean Baudrillard’s theory of consumption culture. Baudrillard’sanalysis investigated social phenomena for the social context of postmodern society. Phenomena analyzed namely 1) symbols of social-show culture in the social area and cyber $ eld; 2) society lifestyle as consumer and social climber. 3) various social implications that contain with consumerism phenomenon.! e results showed that: 1) There has been a new social polarization style expressed by society today. these symptoms represented its own social reality in which the adoration of consumption, the obsession of lifestyle, and the clash of social identity (status, image, ego) are inevitable. 2) In this era, symbolic exchanges are an inevitable part of this postmodern universe, images, and indications that are always reproduced as the actualization strategy of their status by individuals in the world of reality, including the lifestyle world.]