Sikap Belajar, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar

Abstract

Abstract The purpose of this research is to understand the influence of learning attitude, habit of learning and achievement motivation against student’s performance on research methodology course. This study used a quantitative approach by involving 139 students of the faculty of psychology syarif hidayatullah state islamic university. Data was collected using questionnaire and being analyzed with multiple regression. The research results show that there is a significant impact (18,2%) between learning attitude, the habit of learning and achievements motivation against student’s performance on research methodology course.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar, kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 139 responden mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah angkatan 2012 sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik regresi berganda, sedangkan pengujian validitas konstruk alat ukur menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sikap belajar, kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian dengan pengaruh sebesar 18,2%.