Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA di Samarinda pada tahun akademik 2019/2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dirancang untuk membuat siswa lebih aktif dalam belajar, bekerja bersama dalam menemukan, menjawab, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber dalam kelompok. Siswa dirancang untuk melakukan berpikir, kemandirian, kesenangan, perhitungan matematika dan kecerdasan emosional populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS pada tahun 2019/2020 tahun akademik yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 27 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Kemudian data dari hasil analisis uji normalitas penelitian 0,200> 0,05, nilai data uji terdistribusi normal. Hasil analisis uji homogenitas 1,36 <1,95 kemudian, varians dari dua sampel adalah homogen. Hasil analisis uji-t dan regresi linier sederhana kemudian diperoleh nilai t> t tabel (6,516> 2,021) pada taraf signifikan 5%, maka Ha diterima. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,425 atau mempengaruhi 42,50%. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan power point kelas XI SMA Negeri Samarinda pada tahun akademik 2019/2020 terhadap hasil belajar matematika.