Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter dengan Model Realistic Mathematics Education pada Materi Segiempat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis karakter dengan model Realistic Mathematics Education (RME) pada materi segiempat di kelas VII SMPN Satu Atap Satu Soa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran,  respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN Satu Atap Satu Soa yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) menghasilkan Lembar Kerja Siswa yang valid berdasarkan komentar dan saran validator dengan mendapatkan rata-rata skor 4,173 dengan kategori baik oleh ahli materi dan rata-rata skor 4,85 dengan kategori  sangat baik oleh ahli media, 2) menghasilkan Lembar Kerja Siswa yang praktis, mendapatkan skor rata-rata 4,39 dengan klasifikasi baik melalui angket respon guru dan rata-rata skor 4,272 dengan klasidikasi baik melalui angket respon siswa, 3) LKS dinyatakan efektif dengan persetase ketuntasan klasikal siswa sebesar 83,333% sehingga berada pada klasifikasi baik.