Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, efektif dan praktis pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak SD/MI yang tidak mempunyai media sifat-sifat bangun ruang yang menari. Metode pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahapan utama, yaitu 1) Tahap identifikasi yaitu melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) Tahap desain dan pengembangan, 3) Tahap evaluasi yaitu validasi ahli media dan ahli materi serta revisi, 4) Ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk,dan 5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Adobe Flash Profesional masuk ke dalam kategori sangat layak dan sangat efektif. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 90%, ahli materi dengan persentase sempurna sebesar 100%. Media pembelajaran ini sangat efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 94,45% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 94,32% sedangkan dalam penerapannya mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 90,33 sehingga media pembelajaran Berbasis Adobe Flash Profesional termasuk ke dalam kategori valid, sangat layak dan sangat efektif.