Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam

Abstract

Soal merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi harus memenuhi ciri-ciri soal/tes yang baik diantaranya adalah soal tersebut harus valid. Salah satu cara untuk mengetaui valid atau tidaknya soal yang digunakan perlu diadakan analisis terhadap soal tersebut, salah satunya dengan analisis validitas isi soal terkait. Selama ini di beberapa sekolah atau madrasah, khususnya di MA NU TBS Kudus dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) ataupun Penilain Akhir Semester  (PAS) khususnya Matematika, belum pernah dianalisis isi soalnya terkait dengan kesesuaian antara tiap butir soal dengan silabus yang ada pada kurikulum 13 saat ini atau dengan kata lain analisis validitas isi terhadap butir-butir soal tersebut. Mengingat urgensi dari soal sebagai alat untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, sangat penting untuk diadakan penelitian tentang analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi dari butir soal PTS Mata Pelajaran Matematika Wajib XI MA NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis nilai-nilai islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dikarenakan penelitian ini tidak menggunakan data dalam bentuk angka dan akan mendeskripsikan validitas isi dari soal Penilaian Tengah Semester Gasal mata pelajaran Matematika wajib kelas XI MA NU TBS Kudus tahun pelajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil analisis rasional validitas isi yang membandingkan antara soal dengan silabus /kurikulum disimpulkan bahwa validitas isi  satu paket soal yang dibuat oleh guru mapel Matematika Wajib kelas XI  sudah terpenuhi. Namun dalam penulisan soal masih perlu ketelitian, karena masih ada soal yang tidak ada jawaban dipilihan yang ditawarkan, yaitu soal no.4, disamping itu juga perlu kecermatan dalam menuliskan simbol-simbol, arsiran  yang terdapat dalam soal PTS, yaitu nomor 11, 20, 22 dan 25, dan kesesuaian bahasa atau kalimat yang digunakan dalam soal tersebut kurang baik, yaitu pada nomor 7, 8, 14, 21, 22, 23 dan 25.