MODEL HOLISTIK: PELATIHAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bekal pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tentang pendidikan karakter, sehingga lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berkualitas, memiliki sikap disiplin yang tinggi, bekerja keras dan bertanggungjawab. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah tersedianya buku panduan model pelatihan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tulisan ini merupakan hasil kajian penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelatihan yang disepakati dalam perancangan desain adalah model pelatihan pendidikan karakter holistik (menyeluruh) disingkat “PENDIKAR HO”. Model pelatihan pendidikan karakter holistik ini dalam pelaksanaannya tidak membedakan peserta dilihat dari latar belakang keluarga, status sosial ekonomi, suku bangsa, agama, bahasa, dan adat istiadat. Peserta diperlakukan sama dalam pelatihan pendidikan karakter. Luaran dari hasil penelitian pada tahun 2016 ini adalah berupa produk panduan model pelatihan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta. Diharapkan panduan model pelatihan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini dapat diterapkan di seluruh fakultas di lingkungan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sedangkan luaran lain pada tahun ini adalah dimasukkannya hasil penelitian pada jurnal bertaraf internasional. ABSTRACT The purpose of this study is to provide provisions to students of the Jakarta State University (UNJ) about character education, so that graduates of Jakarta State University (UNJ) are qualified, have a high discipline attitude, work hard and are responsible. While the specific purpose of this research is the availability of a guidebook for character education training models for new students of Jakarta State University (UNJ). This paper is the result of a research development study or often called Research and Development (R&D). The results showed that the training model agreed upon in the design of the design was a holistic (overall) character education training model abbreviated as "PENDIKAR HO". This holistic character education training model in its implementation does not differentiate participants in terms of family background, socioeconomic status, ethnicity, religion, language, and customs. Participants are treated the same in character education training. The output of the 2016 research is a product guide to character education training models for new 19 students at Jakarta State University. It is hoped that the character education model training guide for new students at the Jakarta State University (UNJ) can be applied in all faculties within the Jakarta State University (UNJ). While another outcome this year is the inclusion of research results in international journals.