PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 110 JEKKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar terhadap motivasi belajar  dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 110 Jekka. Pada konsep mengidentifikasi organ gerak hewan dan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen yang dilakukan selama 5 kali pertemuan ditambah pretest dan post test. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 20 siswa. Berdasarkan  analisis     data   pengujian    hipotesis   dengan    uji  t ada   pengaruh  yang   signifikan   pembelajaran  kooperatif   tipe jigsaw dengan bantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD 110 Jekka tahun pembelajaran 2019. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung  = 2,346743 dan 2,380 > ttabel  = 1,989 dengan taraf signifikan 5%, sehingga  H0   ditolak  yang  berarti  ada  pengaruh  model  pembelajaran sehingga hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA. Hal ini  sesuai  dengan  kelebihan model  pembelajaran  tipe  jigsaw,  yaitu  dapat merangsang   motivasi   belajar   dan   dapat   membantu   timbulnya asosiasi  dengan  peristiwa  lain  yang  mudah  diingat.