PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 110 JEKKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 110 Jekka. Pada konsep mengidentifikasi organ gerak hewan dan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen yang dilakukan selama 5 kali pertemuan ditambah pretest dan post test. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 20 siswa. Berdasarkan analisis data pengujian hipotesis dengan uji t ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD 110 Jekka tahun pembelajaran 2019. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,346743 dan 2,380 > ttabel = 1,989 dengan taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak yang berarti ada pengaruh model pembelajaran sehingga hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA. Hal ini sesuai dengan kelebihan model pembelajaran tipe jigsaw, yaitu dapat merangsang motivasi belajar dan dapat membantu timbulnya asosiasi dengan peristiwa lain yang mudah diingat.