METODOLOGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BENDO KALIBAWANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metodologi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa Pandemi di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang, Kulon Progo DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Fokus penelitian ini adalah metodologi yang digunakan guru dalam pembelajaran jarak jauh karena Covid-19. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang, Kulon Progo DIY. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang Kulon Progo di kelas V bersifat luring dan daring, jadi sebagian dilakukan di sekolah yaitu mengambil dan mengumpulkan tugas serta sebagian lagi dilakukan dirumah secara daring dengan menggunakan platform Whatsapp Group, Youtube, dan Google Form yang membuat siswa kurang bisa memahami materi pembelajaran secara daring dengan baik. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kurang diminati siswa.