STRATEGI DAKWAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM RAHM}M} ATAN LIL ’AL>L> AMIN>N> DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP DOSEN-DOSEN STAIN PURWOKERTO)

Abstract

Islam arrives on the Earth with a great mission, i.e. rahmatan lil ‘alamin, which means giving a bless to the universe. However, the existence of radical movements such as Wahabi, al-Qaeda, NII (Indonesia Islamic State), etc. can destroy the good impression about Islam. To anticipate those radical movements, Islam rahmatan lil ‘alamin should be promoted by Islamic preachers (dai), included IAIN Purwokerto lecturers, in social life. There are some strategies applied by IAIN Purwokerto lecturers to plant the values of rahmatan lil ‘alamin, which can be classified into 3 fields, educational, social, and economic fields. Da’wah in educational field includes strategies such as lecturing, exemplifying, integrating, and interactive dialogue. In social field, da’wah incluces personal and infiltrating strateges, whereas da’wah in economic field includes strategies of social welfare, baitul mal, and saving for qurban.   Islam hadir dimuka bumi ini dengan mengusung misi besar yakni rahmatan lil ‘alamin yaitu menjadi rahmat bagi seluruh alam. Namun eksisnya kelompok-kelompok radikal seperti kelompok Wahabi, terorisme a1-Qaeda, jaringan NII (Negara Islam Indonesia) dan sebagainya akan mengancam dan merusak citra baik Islam yang sudah dibangun selama ini. Untuk mengantisipasi gerakan-gerakan kelompok-kelompok tersebut, maka Islam rahmatan lil ‘alamin hendaknya disosialisasikan oleh seorang dai dalam hal ini adalah dosen-dosen STAIN Purwokerto dalam kehidupan di masyarakat. ada beberapa strategi dakwah yang diterapkan oleh dosen-dosen STAIN Purwokerto dalam menanamkan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) bidang. Pertama, dakwah dalam bidang pendidikan. Kedua, dakwah dalam bidang sosial. Ketiga, dakwah dalam bidang ekonomi. Dakwah dalam bidang pendidikan terdapat dalam strategi  ceramah, keteladanan, integrasi, dan dialog interaktif. Kemudian dalam bidang sosial terdapat dalam strategi personal, strategi infiltrasi, selanjutnya dakwah dalam bidang ekonomi terdapat dalam strategi kesejahteraan sosial, strategi battul mal, strategi tabungan kurban.