PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Pentingnya penerapan strategi pembelajaran aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan atau kebosanan pada diri peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan dalam bentuk deskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik atau triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI yang dilakukan MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah menyesuaikan dengan materi pelajaran, situasi dan kondisi dalam pembelajaran. Guru PAI menerapkan beberapa strategi pembelajaran aktif yaitu, everyone is a teacher here (semua bisa jadi guru), card sort (memilah dan memilih kartu), team quiz (kuis kelompok). strategi ini dilakukan sebagai upaya dari guru Pendidikan Agama Islam untuk memberikan kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran PAI.