MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENGHADAPI UJARAN KEBENCIAN (Studi Prodi PAI Pascasarjana IAIN Surakarta)

Abstract

Kurikulum dibentuk harus melihat situasi dan tantangan zaman. Akhir-akhir ini tantangan bangsa Indonesia semakin beragam. Salah satu tantangannya yaitu semakin banyaknya bentuk ujaran kebencian baik di dunia nyata maupun maya. Hal ini apabila tidak segera di atas dapat membahayakan persatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya kolaborasi bersama semua elemen untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut. Salah satu yang memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan bangsa yaitu perguruan tinggi. Dalam tulisan ini akan membahas tentang model pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang berbasis multikultural dalam menghadapi ujaran kebencian (Studi Prodi PAI Pascasarjana IAIN Surakarta). Hasil ditemukan adanya mata kuliah baru bernama “Pengembangan Studi Islam dalam Kebhinekaan”. Dalam mata kuliah tersebut memberikan pemahaman Islam yang terbuka, inklusif dan toleran.