MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER

Abstract

Matematika dapat berkontribusi dalam membangun pemikiran yang logis dan kritis. Sebagai ilmu pengetahuan yang mengkaji objek abstrak, seolah-olah matematika termasuk disiplin ilmu yang sedikit berkorelasi dengan budaya. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa melakukan integrasi etnik dan konten budaya kedalam mata pelajaran matematika adalah hal yang sulit. Padahal matematika merupakan ilmu pengetahuan yang perkembangannya juga dipengaruhi oleh konteks sosial budaya. Oleh karena itu, sangat mungkin membelajarkan matematika dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural. Berdasarkan Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi mata Pelajaran Matematika yang didalamnya terdapat 5 (lima) tujuan mata pelajaran matematika maka ada beberapa nilai pendidkan karakter yang dapat dikembangkan melalui pendidkan matematika dalam pembelajaran matematika yang juga mencakup karakteristik matematika diantaranya, yaitu: disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri dan tanggung jawab.