Dakwah Religi di Media TV pada Bulan Ramadhan dalam Perspektif Psikologi Islam
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian pendampingan dakwah religi dimedia TV pada bulan Ramadhan di Simpang 5 TV Pati dan Jawa Tengah dalam perspektif psikologi Islam. Penelitian tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui permasalahan psikologis serta memberikan motivasi pada da’i dan da’iyat ketika melakukan dakwah di media TV. Tujuan yang lain juga untuk mengetahui efektifitas dakwah religi di media TV. Metode yang digunakan dalam penelitian pemberdayaan dakwah religi adalah Participatory Action Research (PAR). Untuk melaksanakan Participatory Action Research (PAR) ada enam langkah yang perlu dilaksanakan oleh peneliti. Langkah langkah tersebut adalah learning in action, exploring problems, fact,finding and listening, knowing the actors, assessing option, dan understanding system. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan psikologis para da’i dan dai’yat yang belum pernah dakwah religi di TV ketika hendak berdakwah di TV adalah permasalahan kecemasan, minder, kepercayaan diri dan permasalahan psikologis lainnya. Seiring dengan kegiatan pendampingan pemberdayaan serta motivasi peneliti dengan menggunakan ilmu psikologi Islam permasalahan tersebut dapat teratasinya. Caranya orang tersebut diminta untuk berdoa sebelum tampil di depan kamera serta banyak latihan sebelumnya. Kelebihan dakwah religi di TV dapat disaksikan oleh orang banyak. Kekurangannya dakwah religi di TV bagi pemirsanya dan da’i dan da’iyat tidak dapat berinteraksi dengan banyak teman yang menyaksikan dan menikmati dakwah tersebut.