Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis

Abstract

Potensi pasar produk halal sangat besar di Indonesia. Agar dapat digarap optimal, produsen perlu memahami perilaku konsumen produk halal secara memadai. Studi ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai minat beli masyarakat Indonesia pada produk-produk halal dan memetakan faktor-faktor utama yang mendorong minat tersebut. Sumber data yang digunakan berupa hasil penelitian empiris terdahulu di berbagai wilayah dan daerah di Indonesia yang dikumpulkan melalui penelusuran berbantuan mesin pencari dan dibahas dengan teknik content analysis. Hasil studi menunjukkan bahwa minat beli masyarakat Indonesia pada produk-produk halal cukup tinggi, dimana faktor utama yang mempengaruhi adalah religiusitas,kesadaran halal dan label halal. Produsen di Indonesia perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut dengan cara terus meningkatkan kualitas produknya dan mengajukan sertifikasi halal, serta bersama-sama elemen-elemen lain terlibat aktif membangun kesadaran halal dan religiusitas masyarakat. Penting untuk studi mendatang mengembangkan kajian minat beli pada sektor wisata halal dan logistik halal yang masih minim.