Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran Kitab kuning di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Ada tiga hal yang menjadi fokus penelitian ini yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Karena itu, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu display, reduksi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan model pengembangan manajemen terdiri tiga unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi. Perencanaan di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati dilakukan di setiap awal tahun untuk menyusun program kerja dan kurikulum. Dalam hal ini, Madrasah mendatangkan ahli sebagai konsultan perencanaan program dan kurikulum. Pengorganisasian pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan memberikan jam tambahan setiap Sabtu sampai Selasa untuk mengakomodir semua mata pelajaran. Adapun fungsi evaluasi dilakukan dengan penilaian tengah dan akhir semester dalam bentuk ujian tulis, lisan, dan hafalan.